Pelatihan PLC Schneider (Modicon)

Training PLC Schneider (Modicon)

PLC Schneider (Modicon) – PLC (Programmable Logic Controller) Schneider, juga dikenal sebagai Modicon (sebuah merek di bawah Schneider Electric), merupakan keluarga pengendali otomasi industri yang luas digunakan dalam berbagai aplikasi manufaktur dan industry; PLC Schneider, khususnya seri Modicon oleh Schneider Electric, merupakan rangkaian pengendali logika yang tepercaya dan serbaguna yang digunakan dalam otomasi industri; PLC ini terkenal karena keandalannya, skalabilitasnya, dan berbagai aplikasinya, menjadikannya pilihan utama bagi insinyur otomasi dan berbagai industri di seluruh dunia.

Deskripsi Pelatihan 

Pelatihan PLC Schneider (Modicon) adalah kursus atau program pelatihan yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta dalam mengoperasikan, memprogram, dan memahami penggunaan PLC Schneider (Modicon) dalam lingkungan industri; Pelatihan ini ditujukan bagi para insinyur, teknisi, dan profesional yang terlibat dalam otomasi industri dan perlu menguasai penggunaan PLC Schneider untuk mengontrol dan mengotomatisasi proses industri; Pelatihan PLC Schneider (Modicon) adalah investasi penting bagi individu dan perusahaan yang berkecimpung dalam otomasi industri. Ini memungkinkan para profesional untuk memahami dan menguasai teknologi ini, yang merupakan bagian integral dari berbagai industri, mulai dari manufaktur hingga energi, dan membantu mereka mengoptimalkan operasi industri dan mencapai tujuan bisnis.

Materi Pelatihan  

  1. Pengenalan PLC Schneider dan Sejarah Modicon.
  2. Komponen Hardware PLC Schneider.
  3. Bahasa Pemrograman PLC: Logika Tangga dan Pemrograman Lanjutan (jika diperlukan).
  4. Koneksi dan Konfigurasi Perangkat Keras PLC Schneider.
  5. Komunikasi PLC: Protokol dan Integrasi dengan Perangkat Lain.
  6. Debugging dan Troubleshooting.
  7. Keamanan dalam Penggunaan PLC (jika relevan).
  8. Studi Kasus dan Proyek Praktis.
  9. Pembaruan Terbaru dan Perkembangan dalam PLC Schneider.

Tujuan Dan Manfaat Pelatihan 

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Memahami tentang komponen, operasi, dan pemrograman PLC Schneider, sehingga mereka dapat efektif menggunakannya dalam pengendalian dan otomatisasi proses industri.
  2. Memahami tentang bahasa pemrograman PLC, terutama logika tangga, dan dapat merancang, menguji, dan menerapkan logika kendali yang kompleks.
  3. Memahami cara menghubungkan PLC Schneider ke perangkat lain dalam jaringan industri, memahami protokol komunikasi, dan dapat mengintegrasikan PLC dengan sistem lain.
  4. Memahami keterampilan debugging dan troubleshooting, sehingga dapat mengatasi masalah dengan cepat dan menghindari gangguan dalam proses produksi.
  5. Memahami prinsip-prinsip keamanan dan keselamatan dalam penggunaan PLC Schneider, yang sangat penting dalam aplikasi industri.
  6. Mengotomatisasi proses industri dengan lebih efisien, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi kesalahan manusia.
  7. Mengoptimalkan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak plc schneider, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi.
  8. Mengidentifikasi dan mengatasi masalah dalam sistem plc schneider, mengurangi waktu henti produksi yang tidak direncanakan.
  9. Mematuhi regulasi dan standar keselamatan yang berlaku dalam industri mereka.

Tahun 2024

BULANMINGGU IMINGGU IIMINGGU IIIMINGGU IVMINGGU V
Januari2-39-1016-1723-2429-30
Februari1-26-714-1521-2227-28
Maret5-612-1319-2026-27
April2-39-1016-1723-24 29-30
Mei1-27-814-1521-2228-29
Juni4-511-1217-1826-27
Juli2-39-1016-1723-2430-31
Agustus1-26-714-1521-2227-28
September3-410-1117-1824-25
Oktober1-28-915-1622-2329-30
November4-511-1217-1824-25
Desember3-410-1117-1824-25

Bila calon peserta menghendaki request tanggal dan durasi dapat kami fasilitasi baik untuk PublIc Training maupun Inhouse Training.

Jenis Pelatihan 

Dalam penyelenggaraan Pelatihan PLC Schneider (Modicon) ada dua alternatif jenis jasa pelatihan seperti Public Training dan Inhouse Training. Dan dari dua jenis layanan tersebut kami membagi kembali dengan 2 metode pelatihan yang berbeda yaitu dengan tatap muka dan daring.

Tatap Muka adalah Pelatihan dengan menggunakan metode inclass, dimana peserta dan pengajar atau trainer berada dalam satu ruangan serta tidak lupa penyelenggaraan Pelatihan ini kami laksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan Covid 19. Sedangkan Daring adalah Pelatihan dengan mempertemukan peserta dan pengajar atau trainer pada salah satu infrastruktur video conferencing yaitu zoom meeting.

Sehingga ada 4 pilihan jenis pelatihan yaitu public training tatap muka, public training daring, inhouse training tatap muka dan inhouse training daring.

Calon Participant
Jadi sebenarnya siapa saja sih yang membutuhkan Pelatihan ini? menurut kami Pelatihan ini sangat cocok untuk diikuti oleh peserta yang ingin mendalami bidang PLC Schneider (Modicon). Pelatihan ini sangat tepat diikuti oleh bagian lain yang ingin mengetahui lebih jauh tentang PLC Schneider (Modicon).

Dan tidak menutup kemungkinan dapat diikuti pula oleh seluruh karyawan yang dapat mandat dari instansi/perusahaan guna menambah wawasan. Sehingga ilmu dari pelatihan ini bisa dirasakan dan dijalankan dengan baik sesuai dengan tujuan dari instansi/perusahaan itu sendiri.

Metode Pembelajaran
Sedangkan untuk Pelatihan PLC Schneider (Modicon) yang kami selenggarakan menggunakan pelbagai metode pembelajaran, seperti : Diskusi, Coaching, Presentasi, Tanya Jawab, Brainstorming, Ice Breaking dan Studi Kasus.

Fasilitas Pelatihan
Berikut ini Fasilitas Pelatihan PLC Schneider (Modicon) yang kami berikan sesuai dengan layanan yang dipilih oleh peserta, dengan penyesuaian tertentu sesuai dengan kebutuhan peserta / instansi / perusahaan.

Public dan Private Training (tatap muka)

  • 2x Coffee Break + 1 Lunch
  • 2 Hari Pelatihan
  • Expert Trainer
  • Sertifikat Pelatihan
  • ATK
  • Backpack Exclusive
  • Modul Pelatihan (Hardcopy & Softcopy)
  • Souvenir
  • Dokumentasi (Hardcopy & Softcopy)
  • Transportasi Selama Pelatihan

Inhouse Training (tatap muka)

  • Transportasi dan akomodasi trainer serta pendamping
  • Expert Trainer
  • Sertifikat Pelatihan
  • ATK
  • Backpack Exclusive
  • Modul Pelatihan (Hardcopy & Softcopy)
  • Dokumentasi (Hardcopy & Softcopy)

Online Training (Daring)  untuk public atau inhouse training

  • Expert Trainer
  • Sertifikat Pelatihan
  • Modul Pelatihan (Softcopy)
  • Dokumentasi (Hardcopy & Softcopy)
  • Host Zoom