Tips Praktis Menjadi Presenter Sukses dalam “3 Steps”

Tips Praktis Menjadi Presenter Sukses dalam “3 Steps”

Bicara tentang pemimpin, kita pernah dipimpin oleh presiden yg pandai berbicara. Semangat membara selalu dikobarkannya. Gaya bicaranya yang mendekati orasi, selalu menjadi penyemangat kembali masyarakat Indonesia bangkit & merdeka. Ia presiden sekaligus founding father negara ini, tidak lain & tidak bukan ialah seorang Soekarno.

Kemampuan bicara juga dimiliki seorang pejuang di Afrika sana, kemampuan bicaranya menggerakkan kulit hitam untuk bangkit. Ialah mendiang Nelson Mandela yang terus berjuang lewat orasi, maupun suaranya yang vokal di pemerintahan.

Skill persona seperti ini dibutuhkan terutama oleh seorang leader. Karena tugasnya untuk mendeliver pesan perlu disampaikan. Lantas bagaimana menjadi dalam bisnis, relasi ataupun leader sebuah team?

Untuk bisa menjadi presenter yang baik, kita harus menguasai materi dan audiens kita. Maka pesan tersampaikan.

Beberapa tips dapat dirangkum dalam “3 Steps”

  1. Berani Tampil: Kepercayaan diri untuk tampil dibutuhkan dlm presentasi, dgn itu pendengar akan menilai anda pantas.
  2. Sistematis: Dengan struktur yg jelas, pendengar akan dapat dgn mudah menerima pesan yg disampaikan, tak lompat-lompat.
  3. Berpengaruh: Hal ini bisa kita dapat dgn memainkan intonasi suara & mimik wajah. Pendengar akan ikut dalam suasanamu.

Ketika sudah menguasai semua itu, perhatikan toolsnya: media presentasi. Baik bentuk & warna slide, alat pengeras suara, dll. Dan terakhir, berlatihlah dengan keras. Karena dengan persiapan apapun, tanpa berlatih Anda tidak akan sukses.