Strategi Jitu Yang Dipakai Perusahaan Jepang | Informasi Training Pelatihan Workshop

Strategi Jitu Yang Dipakai Perusahaan Jepang

Strategi Jitu Yang Dipakai Perusahaan Jepang

Strategi Jitu Yang Dipakai Perusahaan Jepang

Strategi jitu yang dipakai perusahaan-perusahaan Jepang untuk memasarkan berbagai produk perlu untuk diketahui sebagai referensi dalam marketing. Marketing sendiri merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan apalagi marketing menjadi ujung tombak penentu kemajuan suatu perusahaan. Perusahaan yang memiliki marketing yang baik pastinya akan memiliki banyak konsumen sehingga keuntungan perusahaan juga meningkat.

Berbeda dengan perusahaan yang tidak memiliki sistem pemasaran yang baik maka produknya juga tidak akan dikenal masyarakat dan pada akhirnya tidak mampu bersaing di pasaran. Produk yang tidak dikenal masyarakat dan tidak mampu bersaing di masyarakat bisa menyebabkan perusahaan mengalami kerugian bahkan bangkrut.

Strategi Jitu Yang Dipakai Perusahaan Jepang

Agar hal yang demikian tidak terjadi perlu menerapkan strategi pemasaran efektif seperti yang dipakai perusahaan-perusahaan Jepang. Strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan Jepang ini berfokus pada penguasaan pasar dan bukannya profit. Walaupun berfokus pada penguasaan pasar tapi strategi pemasaran perusahaan-perusahaan Jepang terbukti efektif dan efisien dalam meningkatkan penjualan produk perusahaan.

Berikut ini strategi pemasaran yang digunakan perusahaan-perusahaan Jepang untuk meningkatkan penjualan dan menguasai pasar:

Pemasaran Produk Dengan Harga Rendah
Pemasaran dengan harga rendah adalah salah satu strategi yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan Jepang untuk menarik konsumen. Strategi jitu yang dipakai perusahaan-perusahaan Jepang yang satu ini dilakukan dengan cara memasarkan produk bisnis dengan harga yang rendah tetapi kualitas produk tetap seimbang. Kualitas produk yang dijaga tetap seimbang ini menjadikan produk bisnis yang diproduksi maupun dijual perusahaan Jepang dalam jumlah banyak tetap terjamin dan tidak akan menurun kualitasnya. Jika produk bisnis yang diproduksi dalam jumlah banyak tetap terjaga kualitasnya dan dijual dengan harga rendah pastinya dapat menarik pelanggan apalagi sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat sebagai konsumen menyukai barang-barang dengan harga terjangkau tapi bukan kualitas murahan.

Jadwal Lainnya :   Pentingnya Mengelola Time Management

Peningkatan Kualitas Produk Sesuai Kebutuhan Konsumen
Perusahaan-perusahaan Jepang tidak melakukan inovasi dalam pemasaran seperti perusahaan-perusahaan barat tapi perusahaan Jepang lebih menitikberatkan pada adaptasi dengan kebutuhan pasar. Hal tersebut dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Jepang karena mereka tidak suka dan takut untuk mengambil resiko. Walaupun perusahaan-perusahaan Jepang tidak suka mengambil resiko tapi mereka terus melakukan peningkatan kualitas produk bisnis sesuai dengan kebutuhan konsumen. Strategi jitu yang dipakai perusahaan-perusahaan Jepang dalam pemasaran dengan meningkatkan kualitas produk ini terbukti mampu menguasai berbagai pasar dan bersaing dengan perusahaan-perusahaan barat. Dengan meningkatkan produk sesuai dengan kebutuhan dari konsumen atau yang sedang diminati pasar tentunya produk bisnis menjadi disukai dan laku. Produk bisnis yang disukai dan laku pasti dapat memberikan banyak keuntungan juga.

Komitmen Pada Penguasaan Pasar
Strategi jitu yang dipakai perusahaan-perusahaan Jepang selanjutnya yaitu komitmen pada penguasaan pasar dilakukan dengan menawarkan produk dengan harga kompetitif, menyediakan berbagai suku cadang dengan harga terjangkau dan lengkap, memberikan garansi produk bisnis, dan menyediakan pusat service. Berbagai strategi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut dilakukan karena komitmen perusahaan-perusahaan Jepang terhadap penguasaan pasar. Produk yang ditawarkan dengan harga kompetitif, disediakan tempat-tempat service yang mudah dijangkau oleh konsumen, suku cadang mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau, dan memiliki jaminan atas produk tentu akan lebih dipilih oleh konsumen. Konsumen tentunya lebih menyukai barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan mudah untuk diperbaiki ataupun diganti dengan suku cadang baru ketika terjadi masalah. Selain berbagai strategi tersebut, perusahaan-perusahaan Jepang juga melakukan analisis pasar dan produk dari berbagai pesaing supaya dapat menciptakan produk bisnis atau teknologi yang lebih mutakhir.

Jadwal Lainnya :   Kenaikan Gaji Meningkatkan Produktivitas?

Strategi-strategi perusahaan Jepang dalam marketing di atas dapat dicoba untuk diterapkan bagi pelaku bisnis yang ingin produk bisnisnya lebih dikenal masyarakat dan menguasai pasar. Untuk bisa membuat produk bisnis dikenal oleh masyarakat dan menguasai pasar memang tidaklah mudah tapi bukanlah hal mustahil jika menggunakan strategi yang tepat. Tidak hanya itu saja, kerja keras, komitmen, dan tidak mudah menyerah juga sangat diperlukan jika ingin produk bisnis menguasai pasar. Nah, bila ingin produk bisnis bisa lebih dikenal oleh masyarakat sebagai konsumen maka bisa menerapkan strategi jitu yang dipakai perusahaan-perusahaan Jepang.