PURCHASING OFFICER PROGRAM

JADUAL & LOKASI :
Kamis, 24-07-2008 – Jum’at, 25-07-2008
Harris Hotel Tebet / The Park Lane Hotel Casablanca: : BONUS ! ! FLASHDISK : :

FEE/INVESTASI :
– Rp 2.500.000,-

WHO SHOULD ATTEND ?
Public

COURSE LEADER :
Ir. ASEP SAEFULBACHRI, MBA, MM

Sarjana Teknik dan Manajemen Industri dari ITB (lulus 1981), Master in Business Administration dari Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) Telkom – Asian Institute of Management / AIM Manila.

Pengalaman sebagai professional selama 23 tahun : Direktorat Logistik PT Telkom (1981 – 1993), Manajer Pengembangan usaha PT Bangtelindo Bandung (1996 – 1997), Managing Director Forum Eksekutif Indonesia, Bandung, Course Director Strategic Forum Expertise Sdn Bhd Kuala Lumpur, Malaysia (sejak 1995), sebagai professional trainer & consultant (sejak 1994), Dosen tetap dibeberapa perguruan tinggi untuk program S1 Jurusan Teknologi Industri (sejak 1993) dan program pasca sarjana (S2) Teknik & Manajemen Industri (sejak 1992).

AGUS HENDRI, SE, Ak
Praktisi manajemen akunting & keuangan serta manufacturing, Chief Accounting PT Astra Otoparts, Tbk. Internal trainer cost accounting. Pembicara diberbagai universitas. Pernah bekerja di PT. Astra Agro Lestari, Tbk , “Kumala Hadi & Rekan” Public Accountant dan PT Astra Otoparts, Tbk

TRAINING DESCRIPTION :
Masa lalu, fungsi procurement atau purchasing atau pengadaan barang dianggap sebagai fungsi yang tidak berpengaruh signifikan dalam peningkatan laba. Sebab tugas pembelian dianggap tidak membutuhkan keahlian apapun. Posisi pembeli selalu lebih kuat sehingga bisa mendikte supplier. Selain itu fungsi pembelian dinilai sebagai bukan fungsi yang strategis karena hanya menghabiskan biaya dalam pembelian.

Namun kini saat kompetisi kian ketat dan perusahaan dituntut untuk membuat barang yang murah namun berkualitas baik, maka fungsi pembelian diharapkan tidak hanya sekedar membeli. Namun harus membeli barang yang baik dari supplier yang dengan kualita, harga murah, dan tepat waktu sesuai dengan saat dibutuhkannya. Karenanya kini fungsi pembelian dianggap sebagai salah satu fungsi yang strategis dalam perusahaan.

Ini jelas bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebab dibutuhkan tidak sekedar karyawan yang cakap, namun juga perubahan paradigma dalam bertindak. Karyawan yang cakap akan membuat administrasi purchasing menjadi rapi dan negosiasi dengan supplier akan berjalan lancar. Namun perubahan paradigma akan membuat bagian procurement dari awal sudah mendesain system procurement yang baik dalam upaya cost reduction. Dari mulai desain produk, pemilihan supplier dengan hubungan jangka panjang, hingga minimalisasi klaim terhadap supplier. Karena bagaimanapun, klaim merupakan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah dan cenderung akan menambah biaya, walau biaya tersebut mungkin saja bisa dibebankan kepada supplier.

Training ini bertujuan untuk membekali peserta kemampuan dalam peorganisasian procurement yang effektif dan efisien. Sehingga dapat berperan serta dalam penurunan biaya, menghasilkan barang yang baik, dan peningkatan laba perusahaan

METODE PELATIHAN :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

OUTLINE :
I. PROCUREMENT : MASA LALU, KINI DAN ESOK

II. PURCHASING : A DYNAMIC PROFESSION

III. PERUBAHAN PARADIGMA DALAM PROCUREMENT : DARI COST CENTER MENJADI PROFIT CENTER

IV. VENDOR SELECTION : TOBE LONG TERM RELATIONSHIP VENDOR

V. PROCUREMENT ACTIVITY : DARI PEMBUATAN PURCHASING ORDER HINGGA MONITORING SUPPLIER

VI. ANALISA PENENTUAN KEPERLUAN DAN KEBUTUHAN : MATERIAL FORECASTING

VII. POCUREMENT PRINCIPLES : RIGHT QUALITY, RIGHT QUANTITY, RIGHT PRICE, RIGHT SOURCE, RIGHT TIME, RIGHT PLACE

VIII. PROCUREMENT DI MASA DEPAN : WORD CLASS PURCHASING

IX. PROCUREMENT DALAM SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

X. SUPPLIER DEVELOPMENT , SUPPLIER EVALUATION AND GATHERING

XI. STRTEGIC FOCUS AND FIVE MAJOR DEVELOPMENTS IN PROCUREMENT

XII. PENGARUH PERATURAN LOCAL DAN INTERNASIONAL DALAM PROCUREMENT

XIII. PENENTUAN DAN PENGENDALIAN HARGA OLEH DEPARTEMEN PROCUREMENT

XIV. PEMBUATAN KONTRAK DAN NEGOSIASI DENGAN SUPPLIER

XV. E-PROCUREMENT

XVI. PROCUREMENT ETHICS

XVII. BEST PRACTICES IN PROCUREMENT

Kode : Bman

Pendaftaran Sementara
  1. (required)
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. Mohon tidak memesan tiket perjalanan / akomodasi penginapan sebelum ada kepastian training akan berjalan. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi 0851-0249-5051 dan 0899-812-1246
  8. Jika Anda mendaftarkan training ini untuk orang lain mohon cantumkan nama dan email di bawah ini
  9. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days