Menghitung Gaji Baru Karyawan Berdasarkan UMP DKI 2015

Menghitung Gaji Baru Karyawan Berdasarkan UMP DKI 2015

(Dengan Software “Rumus Upah Sundulan DS”)

Tanggal
21 Januari 2015

Tempat
Epicentrum Walk Office* – Jakarta

BINGUNG MENGHITUNG GAJI BARU BERDASARKAN UMP DKI 2015?
PERGUNAKAN SOFTWARE “RUMUS SUNDULAN DS”

Latar Belakang
Pada tanggal 1 November 2014 yang akan datang Gubernur DKI “Ahok” diharapkan akan  mengeluarkan Surat Keputusan tentang UMP DKI untuk tahun 2015 atas dasar rekomendasi dari Dewan Pengupahan DKI. Menurut “bocoran” dari salah seorang anggota Dewan Pengupahan DKI, yang sekarang masih diperdebatkan adalah perhitungan untuk mengantisipasi besarnya kenaikan untuk satu tahun ke depan. Salah satu Konfederasi Serikat Pekerja menuntut kenaikan sebesar 30% apabila Presiden baru, (Jokowi) menaikkan harga BBM setelah dilantik pada tanggal 20 Oktober 2014 yang akan datang. Konfederasi Serikat Pekerja yang sama sudah mengumumkan tuntutan untuk menaikkan jumlah faktor Kebutuhan Hidup Layak menjadi 84 item, termasuk parfum untuk buruh.

Sementara itu para Manajer SDM akan dibuat sibuk menghitung gaji karyawan tahun 2015 begitu Gubernur DKI Ahok mengeluarkan SK tentang Upah Minimum DKI tahun 2015. Para Manajer SDM diharapkan akan mengajukan paling sedikit tiga usulan kepada Direksi untuk menetapkan gaji karyawan tahun 2015. Bagaimana kalau Direksi sudah menetapkan anggaran penyesuaian gaji tahun 2015? Bagaimana “membetulkan” sistem penggajian (grading system) yang sudah menjadi “usang” (obsolete)?

Semua persoalan tersebut akan dibahas tuntas dalam pelatihan ini.  Peserta akan dibimbing untuk mempersiapkan beberapa alternatif perhitungan untuk gaji baru 2015 berdasarkan UMP DKI tahun 2015. Perhitungan akan dibantu dengan software “Rumus Sundulan DS” sehingga akan mampu mempersiapkan sendiri alternatif usulan kepada Direksi. Peserta juga akan dibimbing dalam memperbaiki sistem penggajian (grading system) yang mungkin sudah “usang” (obsolete) karena  penyesuaian-penyesuaian gaji yang lalu.

Topik-topik Yang Dibahas

  • Kriteria Sistem Penggajian yang baik.
  • Menghitung beberapa alternatif usulan penyesuaian gaji tahun 2015 untuk diajukan kepada Direksi.
  • Menangani kesulitan penyesuaian gaji yang bersamaan dengan penghargaan kinerja karyawan tahun 2014.
  • Memperbaiki sistem penggajian (grading system) yang sudah “usang”.
  • Menerapkan ketentuan Per-01/Men/1999 Pasal 14.2 yang menyatakan bahwa Upah Minimum hanya bagi karyawan yang masa kerjanya kurang dari satu tahun.
  • Tidak  menerapkan  ketentuan  Per-01/Men/1999  Pasal  14.3   yang menyatakan bahwa penentuan upah  pekerja  yang  masa  kerjanya lebih dari satu tahun harus dibicarakan dengan Serikat Pekerja.

Fasilitator
Ir. FX Djoko Soedibjo,MM,MBA adalah seorang konsultan/praktisi dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang SDM.  Pernah menjadi Direktur HRD dari HSBC (bank terbesar kedua di dunia), Direktur HRD/GA Indomobil Group (8.000 karyawan), Manajer Divisi Commercial merangkap Manajer Divisi Personnel & Administration dari PT Cold Rolling Mill Indonesia Utama (pabrik baja lembaran tipis, dengan investasi US$850 juta, dan 2.000 karyawan), Konsultan/Trainer LPPM selama 8 tahun, Pemegang Hak Patent “Rumus Sundulan DS”.  Penulis buku terbitan LPPM ”Rumus Sundulan DS – Solusi Imbaljasa Berbasis UMP/UMKK”.

Investasi
Rp 2.000.000,- / orang, Rp 3.800.000,- /2 orang
**Sudah termasuk Coffee Break 2X, Makan siang, Seminar kit, Sertifikat **

 

Pendaftaran Sementara
  1. (required)
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. Mohon tidak memesan tiket perjalanan / akomodasi penginapan sebelum ada kepastian training akan berjalan. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi 0851-0249-5051 dan 0899-812-1246
  8. Jika Anda mendaftarkan training ini untuk orang lain mohon cantumkan nama dan email di bawah ini
  9. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days