Human Error in Safety Implementation

Human Error in Safety Implementation

Tanggal
Thursday, 4 September 2014
Monday, 3 November 2014

Pukul
09.00-16.00 WIB

Tempat
Aryaduta Hotel Semanggi/Swiss-Belhotel, Jakarta

Investasi
Rp. 1500000,- (Group; REG for 3 person/more; payment before H-7)
Rp. 1750000,- (Early Bird; REG before H-7; payment before H-7)
Rp. 2250000,- (On The Spot; payment on the day)
Rp. 2475000,- (Full fare)

Latar Belakang
Identifikasi kebutuhan pengetahuan safety yang berhubungan dengan pekerjaan karyawan memang penting. Setelah identifikasi tentu harus diikuti dengan pemenuhan atas gap persyaratan dengan kondisi aktual yang ada. Metode yang digunakan bisa berupa pelatihan, sosialisasi, safety meeting, pamflet, spanduk, sticker, dan sebagainya.

Namun ada yang lebih penting lagi yaitu menyangkut implementasi dari program safety yang telah dibuat. Jadi safety jangan hanya sekedar slogan atau jargon, tapi harus terimplementasi dengan baik, termasuk dukungan komitmen manajemen dalam pemenuhan sarana pendukungnya.

Dalam pelaksanaan program safety di suatu perusahaan / industri aktualnya selalu ditemukan beberapa hambatan yang berujung pada terjadinya incident atau accident.

Kasus incident / accident yang terjadi ternyata tidak berdiri sendiri. Dan factor penyebab utama yang sering terjadi adalah karena Human Error. Untuk itu sangat diperlukan mengenai pemahaman human error.To minimize error, we must understand of error itself.

Oleh karena itu pada pelatihan ini akan dibahas secara mendetail tentang masalah Human error sehingga manfaatnya akan sangat dirasakan, baik oleh karyawan itu sendiri maupun perusahaan.

Manfaat
Memahami berbagai hambatan dalam mengimplementasikan program safety di perusahaan, terutama yang berkaitan dengan hal – hal yang disebabkan oleh Human Error.

Mampu melakukan berbagai langkah antisipatif untuk meminimize error, sehingga berbagai incident / accident akibat hal tersebut bisa diminimalisir dan dihilangkan.

Materi Bahasan

  1. Error Models & Theories
  2. Dirty Dozen
  3. Lack of Communication & Teamwork
  4. Lack of Knowledge & Resources
  5. Lack of Awareness & Assertiveness
  6. Norms, Pressure & Complacency
  7. Distraction, Fatigue & Stress
  8. Types of Error
  9. Violations
  10. Implication of Error
  11. Avoiding and Managing Error
  12. Human Reliability
  13. Circadian Cycle
  14. Murphy’s Law

Metode
Pembelajaran andragogi dan latihan – latihan

Workshop Leader :
DR. Ir. Dede Farhan Aulawi, MM, CHT
Adalah praktisi SDM di sebuah BUMN dan akademisi di bidang pemberdayaan manusia dengan pengalaman lebih dari 18 tahun.

Pendidikan formal yang telah ditempuhnya diantaranya Politeknik Mekanik Swiss ITB, Manajemen perdagangan International, Teknik dan Manajemen Industri, Manajemen SDM, dan juga Business Intelligent di University Aix Marseille France menunjukkan ketertarikannya pada dunia bisnis dan pengembangan SDM.

Beliau telah memberikan banyak pelatihan di berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Malaysia dan Hongkong.

 

Pendaftaran Sementara
  1. (required)
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. Mohon tidak memesan tiket perjalanan / akomodasi penginapan sebelum ada kepastian training akan berjalan. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi 0851-0249-5051 dan 0899-812-1246
  8. Jika Anda mendaftarkan training ini untuk orang lain mohon cantumkan nama dan email di bawah ini
  9. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days