Cara Mudah Menyusun Job Description

Cara Mudah Menyusun Job Description

Jadwal & Tempat :
Rabu, 16 April 2014
Pk. 09.00 – 16.00 WIB
Hotel Menara Peninsula
Investasi : Rp. 2.200.000,- /peserta
Including : Sertificate,Training Modules, Workshop kit, Lunch, Snacks, Foto 10R.

Durasi
Lama Pelatihan adalah 1 hari (8 jam)

Pembicara / Fasilitator
Eko Supriyatno SE, MM, Mtb
Beliau adalah lulusan dari PPM Institute dengan konsentrasi pada Manajemen. Saat ini masih aktif sebagai kolumnis Master Terapi Bisnis Manajemen dan entrepreneur Tabloid Wanita Indonesia. Beliau juga menjabat sebagai direktur PT. Terapi Bisnis Indonesia dan konsultan yang bergerak dibidang jasa konsultasi manajemen. Ia adalah mantan direktur LP3I MTC dan Managing Director LP3I entrepreneur Center. Selain itu beliau adalah seorang instruktur/trainer/speaker pada berbagai workshop dan training di bidang sumber daya manusia dan pemasaran. Sebelumnya, beliau telah sukses sebagai praktisi, terbukti dari berbagai posisi yang pernah disandangnya. Posisi Assistant Manager di PT Astra International pernah dipegangnya, serta posisi Business Manager di PT Wicaksana Overseas International Tbk. Selain itu beliau pernah bekerja sebagai direktur training LP3I (lembaga pendidikan ternama). Beberapa proyek yang pernah ditanganinya adalah Penyusunan Job Description, Pengembangan dan Desain Organisasi, strategi SDM, Pengembangan Peran Baru SDM di berbagai perusahaan retail, Fast Moving Consumer Good (FMCG), pelayaran dan Penerbangan. Tak diragukan lagi bahwa beliau sangat piawai dalam mengemukakan formulasi-formulasi baru di bidang SDM, Marketing dan Strategi yang bersifat praktis. Beberapa training yang seringkali dibawakan adalah Negotiating skills, Time Management, Cara mudah menyusun Job Description, Marketing Intellegence, Effective Marketing for Your Company, Smart Selling, Managing HR for Beginner, Recruitment Handbook dan lain-lain.

Uraian pekerjaan (Job Description) seringkali tidak terintegrasi dengan visi dan misi perusahaan. Inilah mengapa job desc masih belum memberikan daya dorong positif bagi peningkatan kinerja individu perusahaan. Sehingga job desc hanya dianggap sebagai rutinitas yang tidak berkorelasi dengan visi perusahaan. Padahal job desc adalah turunan dari visi perusahaan.

Setiap orang yang masuk perusahaan untuk bekerja, pada saat pertama kali masuk kerja tentu memiliki berbagai pertanyaan. Apa pekerjaan saya? Apa hasil yang akan saya berikan kepada perusahaan? Siapa atasan saya? Siapa pula kolega saya? Siapa saja anak buah saya? Apa pekerjaan mereka? Bagaiman proses kerja saya? Bagaimana cara perusahaan menilai apakah saya berhasil atau tidak? Bagaimana dengan gaji? perusahaan menentukannya? Keterampilan apa saja yang diperlukan agar saya dapat berprestasi? Apakah ada program karier disini? Munculah pertanyaan-pertanyaan tersebut dan wajar saja karena ketika memasuki wilayah baru, orang belum mempunyai informasi yang cukup. Perusahaan seyogianya juga menyediakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut karena lambat atau cepat, karyawan baru akan bertanya.
Pelatihan ini juga dilakukan secara gamblang sehingga mudah dimengerti karena dikembangkan berdasarkan pengalaman praktis di perusahaan. Model pembelajaran yang berhasil akan menjadi pola dalam pelatihan ini.

Tujuan dan Manfaat Pelatihan

  • Memahami langkah-langkah pelaksanaan, berbagai hambatan penulisan, dan cara mengatasi penulisan uraian pekerjaan di perusahaan
  • Memberikan pemahaman tentang bagaimana operasi perusahaan dan apa yang menjadi bagian kerja dari koleganya
  • Mendorong peningkatan kinerja baru di perusahaan
  • Meningkatkan kemampuan dan mengurangi variabilitas hasil pekerjaan
  • Mampu membuat jobdesc yang benar

Materi
1. Fungsi Uraian Pekerjaan

a. Visi dan Misi Perusahaan
b. Fungsi Uraian Pekerjaan
c. Format Uraian Pekerjaan

2. Langkah-langkah Penulisan Uraian Pekerjaan
a. Pembentukan Tim Penulisan Uraian Pekerjaan
b. Penetapan Sasaran
c. Penentuan Format UraianPekerjaan
d. Pelaksanaan Analisis Jabatan
e. Penulisan Uraian Pekerjaan
f. Latihan pembuatan Uraian pekerjaan

Metode Pelatihan

  1. Pemaparan materi menggunakan modul yang disesuaikan dengan output/ tujuan pelatihan ini.
  2. Penyampaian materi diberikan dengan metode pengalaman, sehingga dapat sesuai dengan kondisi lingkungan kerja di perusahaan Anda.
  3. Pemaparan materi menggunakan media Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta.
  4. Penyampaian materi untuk menciptakan persepsi baru yang dapat merubah mindset dan pemahaman peserta pelatihan.

Peserta
Mereka yang memiliki Peran, Fungsi serta Tanggungjawab sebagai Pengambil Keputusan dalam Unit Bisnis dan Department menjadi Kunci dalam Pergerakan Perusahaan. Seperti Para Manager SDM, Kepala Bagian kepegawaian (Kabag), dan Kepala Sub Bagian (Kasubag) atau pemimpin perusahaan sekalipun.

 

Pendaftaran Sementara
  1. (required)
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. Mohon tidak memesan tiket perjalanan / akomodasi penginapan sebelum ada kepastian training akan berjalan. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi 0851-0249-5051 dan 0899-812-1246
  8. Jika Anda mendaftarkan training ini untuk orang lain mohon cantumkan nama dan email di bawah ini
  9. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days